Di Depan Prajurit TNI Jokowi Tanya Soal Gaji & Tunjangan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 October 2020 12:16
Presiden Joko Widodo Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Rusman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam acara peringatan ke 75 Hari Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat berbincang dengan jajaran TNI yang bertugas di berbagai belahan wilayah. Mulai dari di kawasan terpencil, hingga yang bertugas di negara bagian Afrika.

Jokowi, sempat berbincang dengan aparat TNI yang bertugas di kawasan perbatsan Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Kepala negara sempat bertanya, apakah gaji dan tunjangan yang diterima aparat lancar atau tidak.


"Gaji dan tunjangan lancar?," tanya Jokowi, Senin (5/10/2020).

"Siap, Alhamdulillah semua lancar terdukung," kata aparat TNI.

Kemudian, Jokowi juga sempat berbincang dengan aparat TNI yang bertugas di Saumlakki, Maluku serta perbatasan Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu, lantas menanyakan hal serupa. Jokowi ingin memastikan, aparat TNI yang bertugas di wilayah terpencil tetap mendapatkan perhatian dan haknya secara jelas.

"Karena ini juga jauh, gaji dan tunjangan lancar atau enggak?," tanya Jokowi.

"Siap, lancar bapak," jelasnya.

Jokowi lantas menanyakan apakah benar aparat TNI mendapatkan gaji dan tunjangan sesuai pada waktunya. Para aparat pun menjawab selalu menerima gaji dan tunjangan di awal bulan.

Sebagai informasi, besaran gaji TNI telah beberapa kali mengalami kenaikan. Terkini, Presiden Jokowi mengerek gaji TNI yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 16/2019 tentang Perubahan ke-12 atas PP 28/2001.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading