Pedagang Curhat Usahanya Bangkrut, Jokowi : Harus Bertahan!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 September 2020 15:37
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan tentang perkembangan realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 26 September 2020.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan bantuan modal kerja senilai Rp 2,4 juta kepada puluhan pelaku usaha kecil di halaman tengah Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat mendengarkan salah satu curahan hati salah seorang pedagang yang mengaku usahanya bangkrut karena dampak dari pandemi corona (Covid-19).

"Bangkrut, mohon izin," kata Nahrowi, saat ditanya Jokowi seberapa besar penurunan omzet usahanya di tengah pandemi.


Sebelum ada pandemi, Nahrowi mengatakan, omzet yang diterimanya bisa mencapai Rp 600 ribu karena ramainya pelanggan. Namun sejak pandemi, usahanya justru semakin terpuruk dan bangkrut.

"Karena tidak ada mereka, otomatis bangkrut, bapak. Dengan bantuan ini, saya akan rintis kembali," kata Nahrowi.

Jokowi pun meminta agar seluruh pedagang memahami bahwa kondisi saat ini bukanlah dirasakan Indonesia, melainkan juga 215 negara. Jokowi menginginkan para pedagang tidak patah semangat menghadapi pandemi.

"Jangan sampai ada tutup. Harus buka lagi. Karena begitu keadaan normal, ada yang ngisi yang lain. Saat normal, bapak usahanya berjalan. Kalau sudah tutup, untuk mulai lagi tidak mudah karena mungkin akan diisi pesaing lain," katanya.

"Hati-hati. Usaha mikro menengah, semua seperti itu. Usahakan tapi harus bertahan seperti yang saya sampaikan. Vaksin bisa disuntikkan, Insya Allah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading