Sederet Alasan Sri Mulyani 'Pede' PDB RI 2021 Bisa Capai 5%

News - Lidya Julita Sembiring Kembaren, CNBC Indonesia
29 September 2020 20:45
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Komisi XI DPR RI. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia telah menyepakati pertumbuhan ekonomi tahun depan sebesar 5%. Angka tersebut tergolong optimis di tengah tekanan pandemiĀ Covid-19 yang membuat Indonesia masuk ke jurang resesi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan menggunakan seluruh kebijakan untuk memulihkan perekonomian dimulai dari tahun ini. Bantuan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan dimaksimalkan sehingga tahun depan bisa kembali ke tren awal.

"Kita proyeksikan di kisaran 5,0% dan tentu ini suatu pemulihan yang harus diupayakan dan jaga melalui berbagai kebijakan termasuk APBN," ujarnya melalui media briefing virtual, Selasa (29/9/2020).

Sri Mulyani menekankan, pertumbuhan ekonomi diyakini membaik karena penanganan Covid-19 yang akan terus dilakukan pemerintah mulai dari sisi ksehatan hingga pengadaan vaksin. Meski vaksin tidak akan sepenuhnya menghilangkan Covid-19.

"Banyak hal-hal optimis mengenai penemuan dan produksi vaksin termasuk dari Indonesia maupun kerja sama dengan internasional," kata dia.

Ia melihat, setidaknya penemuan vaksin ini bisa meredakan ketidakpastian yang selama ini terjadi. Sehingga pemerintah memiliki kesempatan memperbaiki perekonomian.

"Ini tentu pengaruhi swing dari pemulihan ekonomi. Kalau bisa dapatkan vaksin dan vaksinasi cukup luas, kita mampu akselerasi pemulihan ekonomi juga," ujar Sri Mulyani.



Sebagai informasi, berikut asumsi makro dalam APBN 2021 yang telah disepakati pemerintah dan DPR RI pada sidang paripurna hari ini:

Pertumbuhan ekonomi: 5%

Inflasi: 3%

Nilai tukar rupiah: Rp 14.600 per US$

Tingkat suku bunga SBN 10 tahun: 7,29%

Harga minyak mentah Indonesia (ICP): US$ 45 per barel

Lifting minyak bumi: 705 ribu barel per hari

Lifting gas bumi: 1,00 juta barel setara minyak per hari

Sasaran dan Indikator pembangunan 2021

Tingkat pengangguran terbuka 7,7-9,1%

Tingkat Kemiskinan 9,2-9,7%

Rasio gini 0,377-0379

Indeks Pembangunan Manusia 72,78-72,95

Nilai tukar petani 102-104

Nilai tukar nelayan 102-104



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading