Ini Kronologi Insiden Maut Proyek Tol Layang DKI Jakarta

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
28 September 2020 20:30
Suasana proyek Jalam Layang Non Tol Pluit, Jakarta Utara, Kamis (29/8/2019). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah video kecelakaan di proyek konstruksi infrastruktur jalan viral di media sosial. Dalam informasi yang beredar, video tersebut terjadi di proyek Flyover Cakung yang digarap di bawah wewenang Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Seorang korban tewas akibat kecelakaan tersebut, setelah tertimpa bongkahan besi yang jatuh dari atas proyek. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho buka suara.

"Bukan Flyover Cakung. Tapi di proyek 6 ruas (Jalan Tol 6 Ruas Tol Dalam Kota) yang dikelola JTD (PT Jakarta Tollroad Development)," kata Hari Nugroho kepada CNBC Indonesia, Senin (28/9/20).


Dia pun menegaskan bahwa Pemrov DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Bina Marga DKI Jakarta, tak punya wewenang mengenai proyek tersebut. Adapun yang berwenang adalah pemerintah pusat.

"Di bawah kewenangan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR," lanjut Hari Nugroho.

Dia pun mengaku sudah mendapatkan informasi resmi mengenai kejadian tersebut. Insiden ini terjadi pada Sabtu 26 September 2020 pukul 17.35 di sekitar Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota Zona 4 Depan PT Mahkota KM 21 Jl.Raya Bekasi Kel. Pegangsaan Dua Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara

Korban tewas dalam insiden ini berinisial A, warga Jakarta yang merupakan security PT Adhi Jaya. Dari keterangan saksi, korban sedang melakukan patroli dengan menggunakan motor namun tidak menggunakan helm.

Kemudian persis di depan posko P9.52, saksi melihat Besi Stresbar sepanjang 2 M 50 cm dengan diameter 32 Milimeter jatuh dari atas proyek tol dan mengenai motor korban. Kemudian besi tersebut mengenai korban lalu korban terjatuh dan kepala korban terbentur aspal jalan raya dan menyebabkan korban tidak sadarkan diri. Kemudian saksi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kelapa Gading.

Pada pukul 16.50 WIB, korban dibawa ke RS. Gading Pluit Kelapa Gading untuk dilakukan perawatan di ruang ICU. Sayangnya, nyawa korban tak tertolong ketika dalam perawatan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading