Jokowi Beberkan 10 Provinsi Prioritas 'Darurat' Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 September 2020 12:57
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan tentang perkembangan realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 26 September 2020.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan sembilan provinsi prioritas dalam penanganan virus corona (Covid-19). Sembilan provinsi tersebut dianggap memiliki jumlah kasus yang masih tinggi.

Hampir dua minggu sudah sejak sembilan provinsi tersebut diprioritaskan untuk ditangani. Kini, pemerintah resmi menambah satu provinsi menjadi prioritas karena kasus penularan yang masih tinggi.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, satu provinsi yang ditambah menjadi prioritas adalah Aceh, karena wilayah tersebut dianggap mengalami trend penularan yang menanjak.

"Karena alami peningkatan yang tinggi, sehingga total 10 provinsi," kata Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (28/9/2020).

Sebagai informasi, Jokowi sendiri telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Doni Monardo untuk memprioritaskan penanganan Covid-19 di wilayah-wilayah tersebut.

Kala itu, kepala negara memberikan tenggat waktu 2 minggu bagi kedua 'pembantunya' untuk menyelesaikan masalah Covid-19 di wilayah-wilayah tersebut. Mulai dari menurunkan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian.

Berikut 10 provinsi yang dimaksud :

1. DKI Jakarta
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. Jawa Timur
5. Sumatera Utara
6. Kalimantan Selatan
7. Sulawesi Selatan
8. Papua
9. Bali
10. Aceh



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading