Bakal Ada Paspor Kesehatan, Isinya Riwayat Kesehatanmu!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 September 2020 18:35
Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah terkait Perkembangan Penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional saat ini tengah mengembangkan pembuatan paspor kesehatan, yang berisi riwayat kesehatan setiap orang.

Hal tersebut dikemukakan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

"Saat ini KemenristekBRIN sedang kembangkan pembuatan paspor kesehatan atau Health Pasport," kata Wiku.


Paspor kesehatan ini nantinya akan merekam semua riwayat kesehatan seseorang. Dengan begitu, ketika seseorang akan bepergian dia dapat menunjukkan paspor kesehatan tersebut tanpa melalui proses yang panjang.

"Nantinya Health Pasport ini dapat membantu pelacakan Covid-19 di Indonesia untuk lebih efektif lagi" katanya.

MenristekBRIN Bambang Brodjonegoro beberapa waktu lalu mengemukakan, paspor kesehatan itu akan berbentuk sebuah dokumen pribadi yang biasa dibawa masyarakat di tengah pandemi.

"Nanti ada semacam health pasport. Jadi ada jaminan orang ini sudah teruji [negatif Covid-19]," kata Bambang melalui keterangan resmi.

Sementara itu, saat ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah mengembangkan alat berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi Covid-19. Teknologi tersebut akan digabungkan dengan paspor kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading