Penanganan Covid-19

Waspada! Satgas Ingatkan Potensi Klaster Baru di Pengungsian

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 September 2020 17:15
Wiku Adisasmito juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Corona memberi Keterangan Pers Juru Bicara terkait Update Data Covid-19 Nasiona. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan saat ini Indonesia sudah masuk ke musim hujan. Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 mendorong pemerintah daerah agar siap siaga dan meminimalisasi risiko penularan selama musim hujan.

"Salah satu lokasi potensial menjadi klaster penyebaran Covid-19 adalah lokasi-lokasi pengungsian apabila terjadi banjir. Dengan banyaknya pengungsi, potensi cukup besar terjadi penularan di lokasi pengungsian dan bisa menimbulkan klaster baru," kata Wiku dalam keterangan pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

"Namun, tindakan kedisiplinan masyarakat di pengungsian dengan mematuhi protokol keseharian selama di pengungsian, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, ini dapat menekan potensi penularan tersebut," lanjutnya.



Wiku menambahkan, kebersihan lokasi pengungsian juga dapat menjaga pengungsi dari penularan Covid-19 maupun penyakit lain yang timbul selama musim hujan. Mulai dari demam berdarah, tifus, diare, dan penyakit kulit.

"Dan ini dapat menurunkan imunitas dan masyarakat rentan tertular Covid-19. Jika tidak memungkinkan jagar jarak, pemda perlu memastikan ada sirkusilasi, sinar matahari yang cukup, dan jaga kebersihan tempat," ujar Wiku.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading