Internasional

Ada Angin Apa Nih? Kim Jong Un Dapat Buket Bunga dari Jokowi

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 September 2020 07:35
pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kanan kedua, mengunjungi lokasi konstruksi di Kabupaten Samjiyon, Korea Utara. Wartawan independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam gambar ini yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara. Konten gambar ini disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda air bahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumber berbunyi:

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan memberi buket bunga untuk Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Hal ini diberitakan media pemerintah Korut, KCNA.

"Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un dihadiahi sekeranjang bunga dari Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka HUT ke-72 Republik Demokratik Rakyat Korea (Korut)," tulis media, dikutip Kamis (24/9/2020).



Karangan bunga itu, diserahkan oleh Pejabat Duta Besar Indonesia untuk Korut 22 September lalu. Korut sendiri merayakan hari kemerdekaan 9 September lalu.

Pesan Jokowi pun diterima langsung oleh Kim Jong Un. Jokowi juga mengatakan akan memperkuat kerja sama antara kedua negara.


"Izinkan saya menyampaikan kepada Yang Mulia dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, ucapan selamat yang tulus," tulis Jokowi.

"Saya yakin semangat hari pendiri akan memperkuat upaya pemerintah dan masyarakat DPRK untuk mengatasi tantangan akibat pandemi Covid-19."



"Dalam kesempatan ini saya juga ingin menegaskan kembali komitmen saya dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dan DPR Korea untuk kepentingan bersama kedua negara, serta untuk perdamaian dan kemajuan di kawasan dan sekitarnya."


Indonesia dan Korut diketahui sudah menjalin hubungan diplomatik sejak kepemimpinan presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Saat itu, Soekarno dikatakan bersahabat erat dengan pendiri sekaligus pemimpin pertama Korea Utara, Kim Il-sung, yang merupakan kakek Kim Jong-un.



Sejak tahun 1960-an, Indonesia memiliki kedutaan besar di Pyongyang, sedangkan Korut memiliki kedutaan besar di Jakarta. Kedua negara tersebut adalah anggota Gerakan Non-Blok.



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading