Banjir Bandang

Viral! Air Keruh Rendam Lokasi Pabrik, Ini Penjelasan Aqua

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 September 2020 13:33
Suasana Pabrik Aqua yang Terendam (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Derasnya banjir bandang dari Sungai Cibuntu di Cicurug Sukabumi Jawa Barat membuat sebagian unit produksi di pabrik Aqua tergenang. Sebuah video viral beredar, tampak air keruh dari luapan air sungai yang masuk ke area produksi pabrik Aqua.

"Perlu ditekankan sumber air Aqua bukan dari sungai itu. Sumber airnya di belakang jauh dan disambung pipa lewat jalur bawah tanah. Jadi itu hanya environment dan mesin-mesin posisinya lebih tinggi," kata kata Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/9).

Dari google maps, jarak antara pabrik dan sumber air berjarak sekitar 1-2 km. Lokasinya berada di belakang pabrik. Pipa tersebut nampak masuk ke dalam tanah dengan melewati sejumlah area taman dan area sawah serta melintasi perumahan warga. Sementara area yang terkena banjir merupakan bagian depan atau yang dilintasi Sungai Cibuntu.


"Jaraknya lumayan jauh, sekitar 1-2 km. Pakai pipa di dalam tanah. Dilihat dari maps yang kena dekat kali di bagian depan, sementara sumber air jauh," papar Arif.

Dari video yang beredar di media sosial, tampak air berwarna coklat dengan menggenangi area pabrik. Arif menyebut itu hanya 1 lajur produksi yang terkena dampak, termasuk area parkiran depan pabrik. Namun 5-6 lajur produksi lain disebutnya aman tidak terkena banjir.

"Kalau diteliti yang menempel di lantai, itu kemasan produk yang belum sempat diproses. Mesin-mesin posisinya di atas. Kalau dilihat, pengisian sebenarnya tidak terdampak air kotor itu," jelas Arif.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading