Jokowi: Pandemi Ini Bikin Kecemasan dan Ketakutan Luar Biasa!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 September 2020 17:55
Jokowi di Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, 18 September 2020 (Tangkapan Layar BPMI 2020)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka konferensi besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020 melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa seluruh umat di belahan dunia saat ini tengah menghadapi ujian berat bernama pandemi corona atau Covid-19. Jutaan orang, telah menjadi korban.

"Jutaan orang di seluruh dunia dinyatakan positif terpapar Covid-19," kata Jokowi, Jumat (18/9).


Jokowi mengaku mendapatkan laporan ada sekitar 30,299 juta orang yang sudah terpapar Covid-19 dan ratusan ribu orang yang meninggal dunia atau tepatnya mencapai 949.000 orang karena virus tersebut.

"Pandemi ini juga menimbulkan kecemasan dan ketakutan luar biasa, berdampak langsung pada kesehatan dan keselamatan manusia juga di bidang ekonomi sosial, supply barang dan jasa menjadi terhambat," katanya.

Dalam situasi seperti ini, Jokowi menilai Indonesia tengah diuji ketangguhannya sebagai sebuah bangsa besar. Kepala negara lantas mengajak seluruh elemen masyarakat menyamakan frekuensi.

"Kita harus satu frekuensi, kita harus satu semangat karena kita perlu kerja keras, berikhtiar sungguh-sungguh, baik Ikhtiar Dhohir maupun batin. Ikhtiar Dhohir antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading