Viral Ambulans Antre di Wisma Atlet Bikin Merinding, Benar?

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
16 September 2020 16:40
Viral Ambulans Antre di Wisma Atlet. Ist Foto: Viral Ambulans Antre di Wisma Atlet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Staf Kodam Jaya, Brigjen TNI M Saleh Mustafa membantah bahwa terjadi penumpukan pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Bantahan ini dilayangkan setelah adanya video viral yang beredar.

Diketahui, tadi malam, Selasa (15/9/2020), sebuah video viral memperlihatkan beberapa mobil ambulans berjejer cukup panjang di depan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurutnya, memang benar terjadi antrean di depan Wisma Atlet namun bukan karena kapasitas rumah sakit yang penuh. Antrean terjadi karena pintu masuk Wisma Atlet yang dibuka hanya satu.

"Video itu benar tadi malam pukul 8 dan pada saat yang bersamaan memang alur yang sudah kita bangun baik alur dari puskesmas dan rumah sakit memang sudah ada, tapi pada waktu bersamaan evakuasi pasien cukup banyak dan kebetulan pada malam itu pintu yang dibuka cuma satu sehingga terjadi antrean," ujarnya dalam konferensi Pers virtual, Rabu (16/9/2020).

Viral Ambulans Antre di Wisma Atlet. IstFoto: Viral Ambulans Antre di Wisma Atlet. Ist



Ia menjelaskan, pada saat ini pihaknya telah melakukan rekayasa alur masuk sehingga nantinya yang dibuka tidak hanya satu pintu. Dimana nanti pasien yang tidak memiliki gejala lewat jalur B dan dengan gejala lewat jalur A.

"Dengan pengaturan jalur ini ke depan diharapkan tidak ada antrian panjang di RS Wisma Atlet," jelasnya.

Sebagai informasi, kapasitas RS Wisma Atlet dikatakan masih cukup untuk merawat pasien Covid-19. Adapun tempat tidur yang tersedia 1.546 di Tower 4, 1.570 di Tower 5 dan 1.036 di Tower 6 serta 1.578 di Tower 7.

Kapasitas yang sudah terpakai: 0% di Tower 4, 38,85% di Tower 5, 89% di Tower 6, dan 50,57% di Tower 7.


[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading