PT KAI Mendadak Batalkan 97 Perjalanan Kereta, Tiket Hangus?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
08 September 2020 14:33
Presiden Joko Widodo menaiki kereta api bandara usai meresmikan pengoperasian kereta tersebut di Stasiun Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Selasa (2/1/2018). Mulai hari ini kereta bandara resmi beroperasi penuh.

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 97 jadwal perjalanan dari 64 kereta sepanjang bulan September 2020 dibatalkan. PT KAI menegaskan bahwa bagi penumpang yang telah memesan tiket, akan dilakukan pengembalian uang 100%.

"KAI akan mengembalikan 100% tiket pelanggan yang terdampak. Pengembalian uang tiket dilakukan di seluruh loket stasiun, maksimal 30 hari dari tanggal keberangkatan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataannya ditulis CNBC Indonesia, Selasa (8/9/20).

Dia pun menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami para pelanggan akibat penghentian sementara perjalanan kereta api. Dia beralasan, penghentian sementara tersebut dilakukan dalam upaya penataan ulang jadwal dan perjalanan beberapa rute kereta api.


"Untuk peningkatan pelayanan, agar semakin selaras dengan kebutuhan pelanggan," lanjutnya.

Dikatakan, informasi lebih lanjut terkait pengembalian tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan sosial media KAI 121.

"Untuk masyarakat yang ingin tetap menggunakan kereta api, dapat menggunakan KA-KA lainnya yang masih beroperasi," bebernya.

Pembatalan jadwal perjalanan ini mayoritas dimulai pada 4 September 2020. Hal ini berdampak pada perubahan jumlah perjalanan rata-rata harian. Data KAI mencatat, perjalanan pada 1-3 September terdapat rata-rata 310 KA per hari. Adapun sejak tanggal 4-15 September, rata-rata ada 246 KA per hari atau turun 20%.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading