Jalan Tol Cibitung Cilincing Ambruk, Begini Ceritanya

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
18 August 2020 12:10
Proyek Tol BORR yang Ambruk (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Konstruksi di proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi IV, Jakarta Utara ambruk. PT Cibitung Tanjung Priok Port Tolways menginformasikan, kejadian tersebut berlangsung pada saat kegiatan pengecoran pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, Thorry Hendrarto, menjelaskan bahwa kejadian tersebut berada di Seksi IV Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

"Penyebab utama kejadian tersebut saat ini sedang di evaluasi oleh PT Waskita Beton Precast selaku kontraktor dan pimpinan proyek PT Cibitung Tanjung Priok Tollways," ujar Thorry Hendrarto dalam keterangannya, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (18/8/20).


Ia mengaku akan terus berkoordinasi dengan kontraktor untuk segera memperbaiki prosedur kerja. Ia berharap agar tidak terjadi kecelakaan kerja yang sama di kemudian hari.

"Kami secara ketat akan terus mengawasi pelaksanaan pekerjaan konstruksi agar target penyelesaian konstruksi dapat terpenuhi," tandasnya.

Insiden ini juga memakan korban luka akibat tertimpa material proyek. Korban tersebut merupakan para pekerja yang menggarap proyek ini.

"Pekerja yang mengalami luka ringan segera dibawa ke Rumah Sakit Citra Harapan Bekasi untuk segera dilakukan tindakan pengobatan yang diperlukan. Dan saat ini yang bersangkutan telah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit," tandasnya.

Ruas tol Cibitung - Cilincing memiliki panjang ruas 34 km terdiri dari 4 seksi. Untuk seksi pertama ditarget akan beroperasi pada triwulan ke IV 2020 sepanjang 2,60 km (Cibitung - Telaga Asih).

Sebelumnya, PT Waskita Beton Precast Tbk mencatat sebanyak 8 pekerja yang luka akibat ambruknya proyek tersebut. 

"Delapan orang dengan luka ringan," kata pelaksana tugas Sekretaris Perusahaan PT Waskita Beton Precast, Ales Okta Pratama dikutip dari detikcom.

"PT Waskita Beton Precast Tbk memohon maaf kepada seluruh pihak, khususnya yang terganggu atas kejadian ini," kata Plt. Sekretaris Perusahaan WSBP Ales Okta Pratama. 


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading