Pidato Kenegaraan

Jokowi: Pemerintah tak Pernah Main-main Berantas Korupsi!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 August 2020 10:23
Pidato Presiden RI Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI  Dan Sidang Bersama DPR RI Dan DPD RI (DPR RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI. Selain menyoroti ekonomi yang terganggu akibat pandemi Covid-19, Jokowi menyoroti juga soal ekosistem hukum dan politik.

"Ekosistem nasional yang produktif dan inovatif tidak mungkin tumbuh tanpa ekosistem hukum, politik, kebudayaan, dan pendidikan yang kondusif," kata Jokowi dalam pidatonya, Jumat (14/8/2020).

Fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana, menurut dia, tidak bisa dipertukarkan dengan kepastian hukum, antikorupsi, dan demokrasi.



Semua kebijakan, sambungnya, juga harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM. Kecepatan dan ketepatan tidak bisa dipertukarkan dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," tuturnya.

"Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adi luhung bangsa Indonesia. Agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan dengan disiplin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]

(dru/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading