Sri Mulyani Ajak PNS Penerima Gaji ke-13 Beli Produk RI

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
10 August 2020 18:25
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat bersama anggota DPR mengenai pandangan umum fraksi-fraksi atas RUU tentang RAPBN 2020 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Polri yang mendapatkan gaji ke-13 untuk segera membelanjakannya. Namun, ia menekankan, belanja yang dilakukan harus yang utama dan tentunya membeli produk lokal.

"Ayo gunakan gaji ke-13 dengan bijak. Belilah produk-produk buatan Indonesia dan bangkitkan UMKM Indonesia. Bersama-sama kita bangkitkan industri dalam negeri khususnya UMKM Indonesia," tulisnya melalui Instagram, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, gaji ke-13 diberikan pemerintah sebagai salah satu bantuan untuk meringankan PNS yang harus membayar biaya sekolah anaknya. Oleh karenanya, pencairan Gaji ke-13 selalu dilakukan pada awal tahun ajaran baru setiap tahunnya.

Namun, di masa pandemi ini, gaji ke-13 diharapkan dapat mendorong konsumsi masyarakat yang anjlok karena adanya pembatasan sosial. Dengan naiknya konsumsi diharapkan pertumbuhan ekonomi di kuartal III bisa kembali ke zona positif.

"Presiden Jokowi telah menginstruksikan pembayaran gaji ke-13 bagi ASN, TNI, POLRI, dan pensiunan yang bertujuan untuk mendorong daya beli masyarakat.," kata dia.

Diketahui, pagi ini pemerintah telah mencairkan anggaran gaji ke-13. Secara keseluruhan total anggaran yang disediakan untuk pembayaran gaji ke-13 sebesar Rp 28,82 triliun, terdiri dari dana APBN Rp 14,83 triliun dan APBD Rp 13,99 triliun.

"Sampai dengan 10 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB, sekitar 82,5% satuan kerja sudah mengajukan SPM dan semua sudah dalam proses pencairan oleh KPPN.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading