Agustus Mulai Ramai, Jumlah Penumpang Pesawat Melesat 46%

News - tahir saleh, CNBC Indonesia
07 August 2020 08:50
Penumpang pesawat/Dok.AP II

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatatkan data perkembangan penumpang pesawat selama masa pandemi Covid-19.

Pada periode 1-5 Agustus 2020 jumlah penumpang pesawat di 19 bandara yang dikelola Angkasa Pura II tercatat mencapai 311.565 penumpang atau melesat 46% dibandingkan dengan 1-5 Juli 2020 yakni 212.961 penumpang.

Selain itu, pergerakan pesawat juga meningkat 10% atau dari 3.314 pergerakan menjadi 3.629 pergerakan pada periode tersebut.


"Kami akan menjaga kepercayaan masyarakat ini sehingga 19 bandara PT Angkasa Pura II dapat optimal dalam menjaga konektivitas penerbangan dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional. " ujar President Direktur AP II Muhammad Awaluddin, dalam siaran persnya, Jumat (7/8/2020).

Hanya saja dia mengatakan sektor transportasi dan pariwisata secara umum masih mengalami kontraksi terdalam pada kuartal II/2020. Berdasarkan data yang dikutip AP II, pada kuartal II/2020, wisatawan mancanegara turun 81% secara quarter-to-quarter dan 87% secara year-on-year.

Menurut dia, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan nasional mulai bulan ini diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan sektor transportasi dan pariwisata pada kuartal berikutnya

"Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan khususnya di bandara-bandara AP II seiring dengan ketatnya protokol kesehatan diharapkan dapat menopang pertumbuhan sektor transportasi," jelas Muhammad Awaluddin.

Saat ini bandara-bandara yang dikelola AP II saat ini adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Silangit (Tapanuli Utara).

Lalu, Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Supadio (Pontianak), Banyuwangi, Radin Inten II (Lampung), Husein Sastranegara (Bandung), Depati Amir (Pangkalpinang), Sultan Thaha (Jambi), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Tjilik Riwut (Palangkaraya) dan Kertajati (Majalengka), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Minangkabau (Padang).

Sebelumnya perseroan dan para stakeholder pada 29 Juli 2020 menggelar Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience di 19 bandara. 


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading