Wuih Top, Sri Mulyani Siapkan Skema Pinjaman Tanpa Bunga!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
06 August 2020 12:33
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. Biro KLI-Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kali ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana membantu masyarakat terutama rumah tangga melalui pemberian akses pinjaman.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, skema bantuan terbaru ini sedang disiapkan dan akan segera diluncurkan. Langkah ini diharapkan bisa mendorong konsumsi masyarakat yang pada kuartal II turun tajam.

"Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan," ujarnya dalam acara webinar Keterbukaan Informasi Publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis (6/8/2020).

Meski demikian, Yustinus tidak menjelaskan dengan detail seperti apa nantinya skema tersebut. Sebab, saat ini masih dalam pembahasan dan belum final.

Tak hanya itu, untuk membantu masyarakat terutama meningkatkan konsumsi dan mendorong daya beli, pemerintah juga akan memberikan tambahan bantuan sosial (bansos) untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) berupa beras seberat 15 kg. Ini akan diberikan kepada 10 juta masyarakat dengan total anggaran Rp 4,6 triliun.

Lalu, pemerintah juga akan memberikan bantuan tunai Rp 500 ribu bagi penerima kartu sembako di luar PKH. Ini diberikan kepada sekitar 10 juta masyarakat dengan total anggaran Rp 5 triliun yang akan mulai dibayarkan pada Agustus ini.

Selanjutnya dan masih dalam kajian adalah pemerintah akan memberikan bantuan berupa tambahan gaji kepada pegawai swasta yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan. Ini akan diberikan kepada sekitar 13 juta pegawai dengan total anggaran Rp 31,2 triliun.

"Jadi ini supaya ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu dan diperhatikan," kata dia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading