Tiba-Tiba Toyota Recall Alphard Cs, Susul Mitsubishi & Honda

News - Ferry Sandi , CNBC Indonesia
02 August 2020 18:08
Toyota Alphard Foto: Toyota Alphard

Jakarta, CNBC Indonesia - Program penarikan unit kembali atau recall kembali terjadi di Indonesia, kali ini lagi-lagi menimpa pada persoalan fuel pump atau komponen pompa bahan bakar kendaraan. Kali ini menimpa mobil Toyota di Indoensia, setelah sebelumnya menimpa masalah yang sama pada Mitsubishi Xpander, All New Nissan Livina, dan 9 model mobil Honda di Indonesia.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall mobil Toyota di Indonesia. Mobil-mobil itu perlu diperbaiki karena ada potensi masalah pada bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.

TAM mengumumkan, seperti dikutip detikcom, recall mobil-mobil ini merupakan inisiatif global Toyota Motor Corporation yang dilakukan distributor Toyota di dunia, termasuk di Indonesia. Mobil-mobil Toyota yang terkena dampak recall fuel pump di Indonesia antara lain Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, serta Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017-2019.


Berikut deretan recall karena kasus fuel pump di Indonesia.

Mitsubishi Xpander

Pada akhir Juni 2020, sebanyak 139.111 unit mobil Mitsubishi Xpander mengalami recall karena ada persoalan pada komponen pompa bahan bakar. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengumumkan program Field Fix Campaign atau kampanye Perbaikan Mitsubishi Xpander mulai 22 Juni 2020.

All New Nissan Livina

Recall tak hanya menimpa Mitsubishi Xpander terkait persoalan pada komponen fuel pump, juga terjadi pada 'saudaranya' All New Nissan Livina.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengadakan kampanye recall di Indonesia untuk mengganti pompa bensin (fuel pump) dari all-new Nissan Livina yang diproduksi pada periode 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Jumlah kendaraan yang di-recall mencapai 9.314 unit.

9 Model Mobil Honda di Indonesia

Pada 15 Juli 2020 Honda mengumumkan recall terhadap Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Unit yang teridentifikasi dalam program ini adalah sebanyak 85.025 unit. Kampanye penggantian komponen Fuel Pump akan dimulai tanggal 15 Juli 2020 dan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading