Efek Covid-19

Jokowi ke Menteri: Genjot Belanja Juli, Agustus & September!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 July 2020 11:17
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk mendorong belanja negara dalam 3 bulan ke depan guna memaksimalkan anggaran guna menghindari pertumbuhan ekonomi negatif di tengah dampak pandemi Covid-19.

"Kita harapkan kuartal III, kita harus naik lagi, gak ngerti saya betapa akan sulit kit. Ajak semua bergerak tumbuhkan ekonomi agar tidak turun tapi ungkit [ekonomi] naik," kata Jokowi saat menghadiri acara Penyaluran Dana Bergulir Untuk Koperasi Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020). 

"Saya senang, tiap pagi sarapan angka, bapak ibu [sarapan] nasgor, roti, saya angka-angka, saya senang ada angka-angka yang baik konsumsi terungkit, naik artinya, peredaran uang di bawah karena ada BLT desa, bansos tunai, bansos sembako akan sangat mempengaruhi daya beli dan konsumsi masyarakat," tegas Jokowi.


Presiden mengungkapkan momentum saat ini harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik di tengah tren kenaikan aktivitas ekspor dari Mei ke Juni.

"Saya lihat aktivitas ekspor tren naik dari Mei dan Juni, momentum ini jangan kita lewatkan, koperasi juga sama, saya ingin indikator tadi diikuti gerakan koperasi secepatnya, berikan dorongan pinjaman kepada para pelaku usaha utamanya UMKM," kata Presiden.

"Saya senang tadi bahwa disiapkan LPDB [Lembaga Pengelola Dana Bergulir] Rp 1 triliun, segera berikan pada koperasi yang baik agar dari koperasi diberikan ke anggotanya pelaku usaha secepatnya, kita punya waktu Juli, Agustus, September, kalau bisa ungkit ini [ekonomi], insya Allah di kuartal 4 lebih mudah, jadi tahun depan jauh lebih mudah."

"Dan ini saya sampaikan juga kepada semua menteri untuk belanja yang dari anggaran APBN 3 bulan ini," kata Kepala Negara.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading