Mantap! Jokowi Sebar Rp 2,4 Juta untuk 12 Juta Pedagang UKM

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 July 2020 17:26
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, (7/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris) Foto: Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, (7/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyerahkan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada 60 orang pelaku usaha mikro kecil (UMK).

Nantinya, bantuan ini akan diberikan kepada 12 juta pengusaha UKM.

 Modal kerja yang disalurkan Jokowi ini bersumber dari alokasi anggaran bantuan presiden.

Anggaran di pos ini tetap berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).



"Saya berbahagia sekali bisa bertemu dengan bapak ibu sekalian. Ada yang usahanya pedagang di pasar, kaki lima, asongan ada?," kata Jokowi saat menyapa para pedagang di halaman tengah Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7/2020).



Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, (7/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)Foto: Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, (7/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

"Ada yang omzet jatuh 50%, bener? Ada yang keuntungan biasanya 200 menjadi hanya 50 gitu ya? Saya tau, saya tau," kata Jokowi melanjutkan.



Jokowi mengemukakan bantuan ini diberikan kepada para pelaku usaha yang penghasilannya tergerus selama pandemi Covid-19. Terutama, bagi para pelaku usaha menengah ke bawah yang begitu terpukul karena wabah.



"Yang kena tidak hanya yang kecil, tapi juga sedang dan usaha besar juga terkena dampak. Makanya sore ini saya memberikan bantuan modal kerja," katanya.



Jokowi menegaskan bahwa bantuan ini akan diberikan secara berkelanjutan. Rencananya, bantuan modal kerja ini akan diberikan kepada sekitar 12 juta pelaku UMK yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Artinya, jika ditotal bantuan yang akan diberikan kepada pelaku UMK bisa mencapai Rp 28,8 triliun.

"Isinya 2,4 juta. Bisa dipakai untuk tambahan modal kerja. Ini nanti akan kami berikan kepada kurang lebih 12 juta UMK," katanya.



Sebagai informasi, bantuan ini diberikan kepada pedagang pasar, pedagang keliling, dan pedagang asongan yang berasal dari 5 wilayah yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top Pak Jokowi! UMKM Bakal Dikasih Uang Rp 2,4 Juta Nih


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading