TKDN 70%, Ventilator Buatan UI Diserahkan ke Gugus Tugas

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 June 2020 14:03
Ventilator UI (Dok. UI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Universitas Indonesia (UI) memberikan bantuan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 berupa ventilator yang dibuat dari hasil riset Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran.

Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro mengatakan, ventilator buatan Indonesia ini memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 70%.

"Barangkali ada komponen impor di ventilator tersebut, tapi TKDN dari ventilator 70%," ujarnya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (24/6/2020).


Penyerahan ventilator tersebut, diterima langsung oleh Ketua BNPB Doni Monardo. Setidaknya ada 5 ventilator yang didesain dan diproduksi di Indonesia dalam kurun waktu 3 bulan.

"5 ventilator yang dapat izin edar ini siap dipakai RS, faskes, sementara 5 lagi uji klinis. Apa yang dilakukan UI membanggakan, insan dunia penelitian dalam waktu singkat berhasil membuat tadinya yang tak dibayangkan sebelumnya," jelasnya.

Dia mengatakan, saat ini masih menunggu ventilator jenis lain yang bisa digunakan di ruang perawatan ICU. Sehingga nantinya akan tersedia berbagai jenis ventilator yang bisa digunakan dalam merawat pasien covid-19.

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro mengatakan, ada rencana untuk memproduksi ventilator tersebut sebanyak 300 unit yang akan diberikan kepada rumah sakit sebagai donasi.

Menurutnya, hal lain yang menarik dari ventilator ini adalah keterlibatan Kemenristek dalam melakukan pendanaan. Menurutnya, di negara lain sudah menerapkan hal ini, dimana pendanaan sebuah penelitian didukung dari pihak luar dalam hal ini kementerian.

"Ada semangat kolaborasi. Ini memenuhi model triple helix. Ada pemerintah, Perguruan tinggi dan industri. Ini yang disebut crowd funding atau saweran," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading