Dinanti Masyarakat, Kapan Gelombang Empat Prakerja Dibuka?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 June 2020 12:02
Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga hari ini, Senin (15/6/2020) pendaftaran gelombang keempat program kartu prakerja juga belum dibuka.

Riko (29) mengaku sudah sejak 27 Mei 2020 selalu mengecek tombol daftar di dashboard akun prakerjanya. Namun hingga hari ini, tombol daftar itu juga belum muncul. Riko pun mengaku sempat kesal dan hampir menyerah untuk mengikuti pelatihan di program prakerja.

"Sampai hari tombol daftarnya belum muncul. Kayaknya mau menyerah saja daftar prakerja," kata Riko kepada CNBC Indonesia, Senin (15/6/2020).


CNBC Indonesia juga sudah menanyakan perihal update pendaftaran gelombang 4 prakerja kepada Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, Denni Puspa Purbasari dan Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky. Namun sampai berita ini diturunkan keduanya belum meresponnya..

CNBC Indonesia juga sudah mencoba mencari tahu perihal informasi pendaftaran gelombang 4 prakerja di situs www.prakerja.id, namun juga tidak ada informasi yang jelas.

Dari pantuan CNBC Indonesia, kolom komentar akun instagram @prakerja.go.id juga dipenuhi pertanyaan oleh warga net yang menanyakan kapan evaluasi program prakerja selsai dan kapan pendaftaran gelombang 4 dibuka.

"Evaluasinya kapan berakhir?" tulis @dhuan.yan. Ada pula akun @andiekacahya yang menanyakan kapan gelombang 4 prakerja dibuka, "gelombang ke 4 kapan?" tulisnya.

"Kok tereksan sepertinya ini program bercanda ya? Tanpa serius dari sisi pemerintah. Mempermainkan kondisi seperti ini danmembuat masyarakat berharap tanpa kepastian. Kasian kita semua yang membutuhkan. Jangan disuruh menunggu mohon kesabaran tanap ada tanggal yang pasti dan jelas. Jangan memberikan jawaban PHP dan menggantung. Tolong pemerintah dan jajarannya lebih pengertian dengan kondisi seperti ini," tulis akun @daanizhputrishamad.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pendaftaran gelomabang 4 program prakerja dibuka pada pertengahan Mei 2020, sehari setalah Peryaan Idul Fitri 2020 atau tepatnyaa pada 26 Mei 2020.

Sayangnya, pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 itu ditunda. Pasalnya, program kartu prakerja sedang dilakukan review olah lembaga pengawas seperti yang diharapkan publik.

"Sabar ini sedang berproses, dan Insyaallah tidak lama lagi Kartu Prakerja Gelombang 4 akan dirilis," ujarnya dalam konferensi pers digital, Senin (8/6/2020).

Untuk diketahui program kartu prakerjaa sudah meloloskan 680.918 peserta pada gelombang 1-3. Pemerintah sendiri menargetkan pembukaan pendaftaran hingga November 2020 untuk menjaring 5,6 juta peserta. Setiap peserta akan mendapatkan manfaat Rp 3,55 juta. Anggaran program ini mencapai Rp 20 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada 392 Ribu Korban PHK Jadi Peserta Program Prakerja


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading