Seruan Jokowi: Bukan Menyerah, Adaptasi dengan New Normal

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 June 2020 12:58
Presiden RI Jokowi Mengunjungi Gugus Tugas Nasional Covid19, Jakarta, 10 Juni 2020 (BPMI 2020)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan agar seluruh elemen masyarakat beradaptasi dalam tatanan hidup new normal bersama Covid-19, hingga vaksin ditemukan.

Berbicara saat memberikan pengarahan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jokowi menegaskan bahwa masyarakat harus memulai kebiasaan baru hidup berdampingan dengan Covid-19.

"Beradaptasi itu bukan berarti kita menyerah apalagi kalah. Ndak. Tapi kita harus memulai kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan, sehingga masyarakat produktif tapi aman dari Covid-19," kata Jokowi, Rabu (10/6/2020).

Jokowi menekankan bahwa diperlukan prakondisi yang ketat saat ini. Salah satunya, adalah dengan mensosialisasikan protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat secara masif dalam kondisi seperti ini.



"Bagaimana penggunaan masker, mengenai jaga jarak, cuci tangan, jangan masuk kerumunan, keramaian yang terlalu padat. Saya kira ini kalau terus disampaikan ke masyarakat diikuti simulasi yang baik kita masuk ke dalam tatanan normal baru," katanya.

"Ini prakondisi yang kita siapkan sehingga pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan, hindari kerumunan, tingkatkan imunitas terus disampaikan ke masyarakat," katanya.

Jokowi mengaku telah memerintahkan aparat keamanan baik itu kepolisian maupun prajurit TNI untuk terjun ke sejumlah titik-titik keramaian di sejumlah daerah untuk memantau masyarakat lebih dekat.

"Saya sudah perintahkan panglima TNI dan Kapolri untuk menghadirkan aparat di daerah untuk mengingatkan warga disiplin, mengingatkan protokol kesehatan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading