Kabar Baik: Kasus Covid-19 di DKI & Jabar Cenderung Menurun

News - Monica Wareza & Anisatul Umah, CNBC Indonesia
30 May 2020 17:15
Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah Covid-19. (Dok: BNPB)
Jakarta, CNBC Indonesia - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan perkembangan penanganan Covid-19 per Sabtu (30/5/2020) pukul 12.00 WIB. Tercatat ada lima provinsi dengan jumlah kasus konfirmasi positif tertinggi antara lain DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, ada kecenderungan kenaikan jumlah kasus konfirmasi positif di Jatim. Hari ini, Jatim melaporkan tambahan 199 kasus menjadi 4.613.

Sedangkan DKI Jakarta, meski masih menjadi yang tertinggi di tanah air, terus menunjukkan tren penurunan. Hari ini, DKI Jakarta melaporkan tambahan 101 kasus menjadi 7.229 kasus.


"Namun khusus DKI ini tidak seluruhnya berasal dari wilayah administrasi DKI. Karena kita ketahui bersama-sama saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri dan kembali ke tanah air masuknya lewat Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ujarnya dalam keterangan pers dari Graha BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Lebih lanjut, Dia mengatakan, beberapa data kasus positif ini akan masuk dalam kelompok DKI Jakarta, tapi tidak menggambarkan kondisi administrasi DKI Jakarta. Kemudian di Sulawesi Selatan menunjukkan masih ada kenaikan dibandingkan kemarin.

"Kalimantan Tengah juga demikian. Jawa Barat meskipun angkanya masih tinggi namun dibandingkan hari kemarin cenderung turun," kata Yurianto.



Lebih lanjut, Yuri mengingatkan keberadaan kasus konfirmasi positif Covid-19 menunjukkan masih ada penularan di masyarakat. Untuk itu, penting untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah disampaikan pemerintah.

"Karena kita tidak pernah tahu siapa yang tengah membawa virus. Sebagian orang yang membawa virus tidak menyadari karena tidak memiliki gejala atau hanya memiliki gejala ringan sehingga tidak sadar," kata Yurianto.

"Gunakan masker, cuci tangan dengan sabun sehabis menyentuh fasilitas umum dengan air mengalir 20 detik, pertimbangkan betul jika mau keluar rumah, jika untuk hal-hal yang tidak perlu sebaiknya tidak," lanjutnya.

Berikut adalah lima provinsi dengan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Indonesia:

DKI Jakarta: 7.229
Jawa Timur: 4.613
Jawa Barat: 2.231
Sulawesi Selatan: 1.510
Jawa Tengah: 1.366

[Gambas:Video CNBC]





(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading