Jokowi: Gaya Liburan Orang akan Berubah ke Virtual!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 May 2020 11:24
(foto: Setpres RI)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa preferensi liburan bagi para turis akan berubah seiring dengan era new normal.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan tatanan normal baru di sektor pariwisata yang produktif dan aman Covid-19 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya ingin mengingatkan pandemi Covid akan membuka perubahan tentang tren pariwisata di dunia. Di mana isu health, hygine, serta safety dan security akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong," kata Jokowi, Kamis (28/5/2020).




"Preferensi liburan akan bergeser ke alternatif yang tidak banyak orang seperti solo travel tour, wellness tour, termasuk di dalamnya virtual tourism dan staycation," katanya.

Jokowi mengingatkan bahwa para pelaku industri pariwisata maupun ekonomi kreatif betul-betul harus jeli melihat situasi saat ini. Para pelaku diminta melakukan adaptasi dengan perubahan ini.

"Pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul mengantisipasi perubahan tren ini dan kita harus betul-betul bisa mencium perubahan ke arah mana," katanya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta jajarannya untuk merancang sebuah inovasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dalam negeri di era new normal hidup berdampingan bersama Covid-19.

"Sehabis pandemi ini kita harus melakukan inovasi, melakukan perbaikan sehingga cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar nanti akan terjadi di dunia pariwisata global," katanya.


[Gambas:Video CNBC]



 

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading