Bukan Hoax! Masih Ada Daerah yang Nyaris Steril dari Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 May 2020 15:42
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ,Letnan Jenderal TNI Doni Monardo (Youtube BNPB Indonesia)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) telah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, ternyata masih ada daerah yang nyaris steril dari penyakit tersebut.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengemukakan bahwa ada sekitar 110 kabupaten kota yang sampai saat ini telah teridentifikasi nyaris nihil dari kehadiran Covid-19.

"Terdiri dari 87 wilayah daratan dan 23 di wilayah kepulauan," kata Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Rabu (27/5/2020).


Doni mengatakan pemerintah berencana untuk menawarkan sekitar 87 kabupaten kota yakni 65 di wilayah daratan dan 22 di wilayah kepulauan untuk membuka diri karena melihat data-data di lapangan.

"Daerah-daerah ini nyaris steril dari ancaman Covid-19, tetapi belum tentu selamanya akan tetap aman," katanya.

Doni mengaku telah berkomunikasi dengan para pimpinan daerah yang teridentifikasi nyaris steril dari Covid-19. Mereka pun menjelaskan kenapa wilayahnya hingga saat ini masih aman dari penyakit tersebut.

"Hampir semua yang memberikan penyampaian, maka dapat disimpulkan bahwa yang pertama adalah tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat yang tinggi. Kemudian kerja sama antara tokoh yang ada di daerah baik pemerintah maupun unsur tokoh non formal lainnya," katanya.

"Kemudian adanya sejumlah daerah yang terisolasi sehingga aman dari Covid termasuk daerah yang relatif sangat jarang dikunjungi dari luar," kata Kepala BNPB tersebut.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading