Risma: Hasil Tes Swab Covid-19 Lama Keluar Picu Pasien Stres

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 May 2020 12:21
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluhkan hasil tes swab Covid-19 yang keluar cukup lama sehingga memberikan ketidakpastian kepada pihak yang melakukan tes dan keluarga.

Hal itu justru membuat pihak yang menunggu hasil tes tersebut cenderung stres dan mengeluh karena sakit.


"[Keluhan pasien] Ya tadi swab. Hasilnya lama sehingga mereka gak tahu progresnya, kadang juga ngeluh karena sakit dan ada yang stres jadi hibur dulu," kata wanita yang akrab dipanggil Risma ini dalam webinar, Selasa (26/5/2020).



Risma, yang biasanya menghubungi langsung pasien Covid-19 secara pribadi, mengakui kerap kali menghibur langsung pasien jika mereka mulai mengeluh.




"Saya sampaikan kita diuji Tuhan dengan sakit, tapi ada saudara kita yang sakit bertahun, yang kena kanker atau penyakit lain, itu kan mereka tahunan sakitnya. Makanya kita harus bersyukur karena kalau mereka takut terus daya imunitas akan turun," ujar Risma. 


Adapun hingga saat ini jumlah positif Covid-19 di wilayah Surabaya sudah mencapai 2.095 kasus. Dari jumlah itu, 1.730 masih sedang perawatan, 188 sudah dikonfirmasi sembuh dari 177 wafat. Sebanyak 2.597 orang saat ini berstatus pasien dalam pantauan (PDP) dan 3.460 orang merupakan orang dalam pengawasan (ODP).

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Di Ultah Surabaya ke-727, Risma Ucapkan Salam Perpisahan


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading