Waduh, Jokowi Sebut BLT Desa Baru Cair 15%, Bansos Tunai 25%

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 May 2020 16:03
Presiden: Sederhanakan Prosedur, Segera Salurkan Bansos Tunai dan BLT Desa. (Biro Pers Presiden RI)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo () meminta jajarannya segera menyalurkan paket bantuan sosial (bansos) berupa tunai, sembako, maupun tunai desa yang sampai saat ini masih di bawah 50%.Jokowi

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penanganan pandemi Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya minta sekali lagi prosesnya dipercepat, prosesnya disederhanakan. Laporan terakhir yang saya terima BLT Desa kurang lebih 15%. Bansos tunai kurang lebih 25%," katanya, Senin (18/5/2020).


Jokowi meminta kepada jajarannya untuk kembali mengecek persoalan data penerima bantuan yang selama ini dianggap belum sinkron satu sama lain. Terutama data antara pemerintah pusat maupun daerah.


"Kalau masih ada data yang belum sinkron, antara DTKS dan non DTKS segera diselesaikan, berikan fleksibilitas kepada pemerintah daerah, terutama pemerintah desa untuk mengambil kebijakan operasionalnya di lapangan," katanya.

Jokowi menegaskan bahwa seluruh bantuan akan selesai seluruhnya pada minggu ini. Informasi tersebut diperoleh kepala negara dari Menteri Sosial Juliari Batubara dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

"Saya mendapatkan info dari Menteri Desa dan Menteri Sosial, minggu ini akan selesai semuanya," kata Jokowi

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, memastikan pemerintah akan menggelontorkan bantuan sosial secara besar-besaran menjelang lebaran,

"Insya Allah 5 hari terakhir jelang Lebaran akan dilakukan penyaluran bansos besar-besaran dari target," kata Muhadjir.

[Gambas:Video CNBC]




(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading