Lawan Covid-19, CT Corp Serahkan Alat Medis ICU & HCU ke RSCM

News - Ratu Rina Windarty, CNBC Indonesia
30 April 2020 12:20
Penyerahan Perlengkapan Medis ICU dan HCU Gedung Kiara, RSUPN DR.Cipto Mangunkusumo Untuk Penanggulangan Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC IndonesiaCT Corp menyerahkan perlengkapan medis ICU dan HCU untuk penanggulangan Covid-19 kepada RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Seremoni penyerahan donasi yang turut didukung PT Bank Mega Tbk, PT Astra Internasional Tbk dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk itu digelar di Gedung Kiara, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2020).

Perlengkapan ICU dan HCU yang diserahkan, yakni 20 bed ICU dan 75 bed JCU, 128 slices MSCT Scan, 1 Digital Mobile X-Ray, 20 ventilator, 95 monitor bed, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.


Dalam sambutannya via video conference, Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan bantuan ini tak lepas dari kolaborasi CT Corp, Bank Mega, Astra, dan Indofood.



"Alhamdulilah kita semua bisa membantu dua rumah sakit. Yang pertama RS Unair di Surabaya, yang hari ini sudah beroperasi dengan baik. Kedua, RSCM yang hari ini diserahkan peralatannya resmi dan mudah-mudahan mulai besok ICU sudah bisa digunakan secara," kata CT.

Penyerahan Perlengkapan Medis ICU dan HCU Gedung Kiara, RSUPN DR.Cipto Mangunkusumo Untuk Penanggulangan Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Chairman CT Corp Chairul Tanjung memberikan sambutan dalam acara penyerahan perlengkapan medis ICU dan HCU dari CT Corp, Bank Mega, Astra, dan Indofood, kepada RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo, Jakara, Kamis (30/4/2020). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Turut hadir dalam acara antara lain Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto, Dirut RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Lies Dina Liastuti, dan Dirut Bank Mega Kostaman Thayib.

CT mengungkapkan semua pihak prihatin dengan wabah Covid-19. Oleh karena itu, semua pihak berharap 'badai' ini segera berlalu.

"Kami ingin mencoba konstribusi dua pusat pandemi, yaitu Jakarta melalui RSCM, kedua Surabaya melalui RS Unair. Kedua bantuan ini kita berharap bahwa dapat membuat pelayanan kesehatan kita lebih baik dan bisa mngurangi tingkat kematian dan sehingga yang kita harapkan tentu banyak keluarga yang tidak sampai kehilangan anggota keluarganya," ujar CT.

Lebih lanjut, CT meyakinkan perlengkapan medis yang disumbangkan tergolong canggih dan modern serta bisa digunakan hingga 15 tahun ke depan.

"Kami berharap tentu peralatan medis ini juga dapat efektif digunakan tindak hanya masa covid ini tapi juga dapat kita digunakan setelah masa covid ini selesai. Dan nanti pada akhirnya kita berharap apa yang kita lakukan menjadi solusi bersama untuk bangsa dan negara," kata CT.

Penyerahan Perlengkapan Medis ICU dan HCU Gedung Kiara, RSUPN DR.Cipto Mangunkusumo Untuk Penanggulangan Covid-19.Foto: Petugas medis menggunakan peralatan medis yang diserahkan CT Corp bersama Bank Mega, Astra, dan Indofood, demi menanggulangi Covid-19 kepada RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.


Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto mengapresiasi dan mengucapkan teirma kasih atas dukungan CT Corp. Terawan berharap bantuan ini dapat digunakan untuk mendukung dan mengoptimalkan layanan intensif bagi pasien Covid-19 di RSCM.

"Harapan kita bersama agar alat kesehatan yang dihibahkan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk masyarakat yang membutuhkan serta senantiasa melakukan pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan agar berfungsi dan mampu menjaga safety untuk pasien," ujar Terawan.

Tak ketinggalan, Ia juga berharap bantuan ini akan meningkatkan semangat tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan pelayanan bagi pasien Covid-19.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada pak Chairul Tanjung melalui CT Corp yang telah memberikan bantuan. Kemudian dari Bank Mega, Astra, dan Indofood. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas budi baik bapak ibu sekalian," kata Terawan.

Sebelumnya, CT Corp beserta Bank Mega, Astra, dan Indofood juga membantu penanggulangan Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Kamis (16/4/2020). Bantuan yang diserahkan berwujud dua ruangan tekanan negatif ICU berkapasitas 20 bed.

"Tentu kita bersyukur, bahwa fasilitas ini dalam minggu depan Insya Allah seluruhnya akan selesai. Jumlah ICU-nya akan lebih banyak juga, fasilitas lain berupa HCU-nya juga bisa merawat pasien-pasien yang terinfeksi Covid-19," kata CT, sapaan akrab, Chairul Tanjung, seperti dilansir detik.com ketika itu.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading