Internasional

China Kirim 50 Tenaga Medis Obati Kim Jong Un, Bener?

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
28 April 2020 07:55
FILE PHOTO: Chinese President Xi Jinping speaks as China's new Politburo Standing Committee members meet with the press at the Great Hall of the People in Beijing, China October 25, 2017. REUTERS/Jason Lee/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Isu memburuknya kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un masih merebak. Sebagian media, sempat menulis kalau pria tersebut sakit keras bahkan meninggal.

China pun dikabarkan sudah mengirim 50 dokter dan perawat untuk membantu pengobatan Kim Jong Un. Sebagaimana dikutip Reuters dari tiga sumber Minggu (26/4/2020), tim terdiri dari beberapa dokter dan termasuk Menteri Departemen Internasional China.




Lalu bagaimana penjelasan pemerintah China soal ini?

Dalam media briefing yang dilakukan Kementerian Luar Negeri Senin (27/4/2020) China mengatakan tidak memiliki informasi apapun terkait Kim Jong Un. Hal ini ditegaskan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang saat ditanya oleh beberapa wartawan.

"Saya tidak tahu apa sumber Anda, dan saya tidak mengatakan apa-apa tentang itu," tegasnya dalam kesempatan itu sebagaimana dimuat di website resmi pemerintah www.fmprc.gov.cn

"China dan Korut adalah tetangga dekat dan kami akan bekerja sama untuk memajukan hubungan bilateral."

Namun di kesempatan yang sama, ia mengatakan China memang bekerja sama dengan Korut untuk penanganan corona (COVID-19). Terutama pendistribusian reagen (pereaksi kimia) pengujian untuk penggunaan yang mendesak.

"Pandemi ini menyebar dengan cepat ... China akan memberi bantuan ke negara yang membutuhkan," katanya.

Sebelumnya sebuah media Korsel sempat menyebutkan kalau Kim Jong Un sudah meninggal. Meski berita tersebut sempat dibantah pemerintah Korsel yang mengatakan tidak ada pergerakan khusus di Korut, yang dapat membenarkan berita wafatnya Kim.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading