Efek Covid-19

Bukber Puasa Ditiadakan, Tarawih di Rumah Masing-Masing!

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 April 2020 11:39
Bukber Puasa Ditiadakan, Tarawih di Rumah Masing-Masing!

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah merebaknya wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan pedoman untuk beribadah pada bulan suci Ramadhan.

Salah satu anjuran dalam pedoman itu adalah untuk menjalankan kegiatan salat dan segala aktivitas yang terkait pelaksanaan ibadah puasa Ramadan di rumah masing-masing. Hal itu bertujuan untuk memitigasi potensi persebaran COVID-19, sebagaimana dijelaskan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Puasa Ramadhan 1441 H jatuh pada 23 April mendatang.




"Umat Islam di seluruh Indonesia dihimbau agar dalam melaksanakan ibadah baik itu salat dan segala aktivitas yang terkait dengan datangnya bulan suci Ramadan, diharapkan untuk tetap berada di rumah, mulai dari pelaksanaan ibadah puasa tentu kita berharap agar bisa dilaksanakan sesuai dengan fiqih puasa, katanya dalam video conference, Jumat (10/4/2020).

"...dan dalam pelaksanaan ibadah puasa tersebut kita berharap buka puasa bersama ditiadakan, salat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, kemudian Nuzulul Quran juga akan ditiadakan, begitu juga pelaksanaan Tadarus di masjid akan ditiadakan." 

"Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah kita di rumah masing-masing insya Allah tidak mengurangi kualitas ibadah kita, tidak mengurangi pahala kita karena kita sedang dalam keadaan darurat dan tentu insya Allah Allah SWT akan sangat memahami."

Lebih lanjut, Kamaruddin mengimbau agar seluruh umat Islam di Indonesia untuk tetap menjalankan anjuran menjaga jarak fisik (physical distancing) serta mengikuti protokol kesehatan mencuci tangan dengan benar dan terus menggunakan masker ketika berada di tempat umum.



Ia juga mengimbau umat Muslim untuk tidak mudik pada saat menjelang Idul Fitri.

"Mari kita bersama-sama melaksanakan kebijakan pemerintah karena kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya tentu berorientasi kepada kemaslahatan." katanya. "Lakukan semuanya dengan disiplin. Jadilah pahlawan. Lindungi diri dan orang lain. Mari menangkan perang melawan COVID-19."


[Gambas:Video CNBC]

(res/res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading