Jokowi Beri Bansos Tambahan 1,6 Juta Penerima di Bodetabek

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 April 2020 15:08
Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Jakarta, CNBC Indonesia - Wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) dipastikan akan mendapatkan bantuan sosial tambahan. Walaupun wilayah tersebut belum disepakati untuk melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa wilayah Bodetabek akan mendapatkan bantuan sosial tambahan kepada 1,6 juta penerima dari total 4,1 juta penerima yang diberikan pemerintah. Adapun untuk DKI Jakarta sendiri, sebesar 2,5 juta.

"Bansos tambahan untuk Jabodetabek yaitu 4,1 juta penerima," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (7/4/2020).


Sri Mulyani menjelaskan, tambahan bansos tersebut akan diberikan pemerintah dalam bentuk sembako dengan total nilai Rp 600.000 per kepala keluarga dalam jangka waktu selama 3 bulan.



Adapun di luar wilayah Jabodetabek, Sri Mulyani mengatakan, akan tetap mendapatkan bantuan tunai senilai Rp 600.000. Namun, jangka waktunya saat ini masih dalam pembahasan. Berdasarkan catatan pemerintah, total sekitar ada 9 juta warga yang berada di luar wilayah Jabodetabek.

"Bapak presiden tadi meminta saya untuk menghitung," kata eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Sebagai informasi, sampai saat ini baru wilayah DKI Jakarta yang mendapatkan persetujuan untuk melaksanakan PSBB. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyetujui permohonan tersebut pada hari ini, Selasa (7/4/2020).

[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading