Internasional

Jepang & China Tabrakan di Laut Shanghai, Kok Bisa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
31 March 2020 08:53
Militer Jepang dan kapal China dikabarkan bertabrakan
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah kapal militer angkatan laut Jepang dan kapal penangkap ikan China bertabrakan di laut lepas Shanghai. Hal ini dikabarkan media Jepang yang dikutip dari AFP pada Selasa (31/3/2020) pagi waktu setempat.

Kapal militer Shimakaze milik Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, mendapat kerusakan di sisi kapalnya pada bagian port, menurut kantor berita Kyodo, mengutip keterangan dari Kementerian Pertahanan negeri matahari terbit tersebut.




Beruntung tidak ada yang terluka dalam peristiwa ini. Baik kapal angkatan laut Jepang dan kapal penangkap ikan China, dengan awak 13 orang, masih dapat berlayar kembali setelah kejadian tersebut.

Dikatakan kapal Shimakaze sedang berpatroli setelah berangkat dari pelabuhan Sasebo sejak Minggu (29/3/2020). Kementerian Pertahanan mengatakan akan bekerja sama dengan penyelidikan penjaga pantai Jepang, serta meluncurkan penyelidikan di dalam angkatan laut.




Menurut penyiar publik NHK, insiden itu terjadi sekitar 650 kilometer (400 mil) barat Pulau Yakushima Jepang. Daerah ini berada di utara pulau-pulau yang disengketakan yang oleh Tokyo dan Beijing.

Jepang menyebut pulau itu dengan Senkaku. Beijing menamai pulau tersebut dengan nama Diaoyu.


[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading