Perang Lawan Corona

Puluhan Ribu APD Disebar, Ini Pembagiannya

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 March 2020 22:32
Puluhan Ribu APD Disebar, Ini Pembagiannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 100 ribu Alat Pelindung Diri (APD) yang telah diperoleh oleh pemerintah pada Minggu (22/3) telah didistribusikan ke sejumlah daerah, di antaranya sebanyak 40 ribu untuk DKI Jakarta.

"Minggu kami menerima pengambilan 100 ribu langsung dari produksi pabrik, untuk Jakarta dibantu oleh Personel Kodam Jaya," kata Waspos TNI, Marsma Jorry dalam keterangan persnya di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Adapun sisanya, dibagikan ke sejumlah daerah di seluruh Indonesia. Di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, NTT dan NTB yang jumlahnya mencapai 51 ribu. Adapun sisanya yang sebanyak 7.900 dibagikan ke daerah lainnya seperti Jayapura, Sorong, Merauke, Banjarmasin, Sumatera Utara hingga Kepulauan Riau.


Pembagian APD tersebut berdasarkan instruksi dari Panglima TNI dan Ketua Gugus Tugas menggunakan pesawat Hercules CN-295 dan Boeing. Pembagian menggunakan pesawat tersebut dikhususkan untuk wilayah-wilayah yang jauh.



"Terutama Papua, harus hari ini, dikirim dengan dua Boeing 737 milik TNI AU," tegasnya.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan ini adalah tahap pertama, di mana prioritas utama adalah pembagian di wilayah DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan masyarakat yang terdampak jumlahnya lebih banyak dibanding dengan wilayah lain.

"Kami usaha untuk menambah kapasitas cadangan kami. Apabila daerah membutuhkan bantuan kami akan segera," katanya.

Dia berpesan kepada pimpinan setiap RS agar memastikan APD tersedia. Kemudian, bagi RS yang belum mendapatkan pasokan APD bisa berkoordinasi dengan dinas kesehatan Provinsi.

"Kami ucapkan terima kasih jajaran TNI, yang memberikan alutsista transportasi udara. Sehingga dalam waktu singkat bisa didistribusikan ke seluruh tanah air," tegasnya.

Terakhir, dia berpesan kepada masyarakat agar mengikuti arahan dan petunjuk untuk tetap di rumah, jaga jarak aman dan jangan berdekatan. "Hindari kerumunan, kalau mampu itu semua, kita selamat," katanya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading