Jokowi Sudah Tes Deteksi Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 March 2020 11:06
Jokowi Sudah Tes Deteksi Covid-19, Bagaimana Hasilnya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah melakukan tes pemeriksaan virus corona (Covid-19). Begitu juga, dengan Ibu Negara Iriana Jokowi yang melakukan serangkaian tes serupa

Pernyataan ini dikemukakan Jokowi merespons kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif terjangkit Covid-19. Padahal, beberapa hari sebelum teridentifikasi yang bersangkutan berada dalam satu ruangan dengan kepala negara.

"Sudah. Saya sudah tes. Ibu sudah tes," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.


Pengumuman Budi Karya sebagai salah satu pasien positif Covid-19 dilakukan pada akhir pekan lalu, Sabtu (14/3/2020). Tiga hari sebelumnya, yang bersangkutan sempat mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pada Rabu (11/3/2020), Budi Karya sempat menghadiri Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju. Eks bos Angkasa Pura II itu mengikuti dua rapat terbatas, yaitu Otonomi Khusus Papua dan Permasalahan Tanah di Sumatera Utara.

Dalam foto dokumentasi rapat, Budi Karya duduk diapit oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil serta Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto. Selain itu, belasan menteri dan pimpinan lembaga negara pun hadir dalam rapat tersebut.



Pada hari yang sama Budi Karya sempat bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Jauh sebelumnya, aktivitas Budi Karya yang muncul ke publik terakhir saat dia menyaksikan langsung proses pemulangan ke-69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) dini hari WIB.

Jajaran menteri bahkan yang ikut dalam rapat terbatas kala itu pun sudah melakukan pemeriksaan. Ini merupakan langkah antisipasi agar penyebaran corona tidak semakin meluas di kalangan pejabat negara.

Jokowi sendiri telah melakukan pemeriksaan kemarin di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Eks Gubernur DKI Jakarta itu pun masih menunggu hasil pemeriksaan secara lengkap dari tim medis kepresidenan.

"Hasilnya tanyakan ke yang ngetes. Makasih ya saya kira cukup," katanya.

[Gambas:Video CNBC]





(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading