Terawan Soal Corona: Kalau Panic Attack, Imunitas Bisa Hancur

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 March 2020 11:42
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk tidak terlalu khawatir menjalani ibadah Shalat Juma,t kendati muncul kekhawatiran tertular virus corona.

Pernyataan tersebut dikemukakan otoritas kesehatan ini, usai meninjau pembersihan proses pembersihan atau strelisiasi dengan disinfektan di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

"Kalau panic attack, itu yang paling menghancurkan imunitas kita. Jangan sampai paranoid, takut, semua menurunkan imunitas kita dan itu berbahaya," kata Terawan.


Terawan menjelaskan, otoritas agama telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh tempat ibadah yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melakukan pembersihan yang disesuaikan sebelum ibadah berlangsung.


"Sudah dibilangi apa yang dilakukan preventif pencegahan membersihkan lingkungan dalam beribadah, Menag juga sampaikan baik untuk yang kita lakukan sekarang jaga imunitas tubuh kita," katanya.

Terawan memandang, peningkatan imunitas tidak hanya untuk tubuh melainkan secara psikologis masyarakat. Menurutnya, kekhawatiran yang berlebih justru bisa membuat metabolisme tubuh menurun.

"Apa yang dibangun negara lain, negara yang mulai bangkit adalah membangun imunitas psikologis kita. Teman-teman di negara lain mulai shoot optimistis sehingga imunitasnya naik," katanya.


Menteri Agama, Fachrul Razi, sebelumnya mengimbau kepada para jamaah Shalat Jumat untuk menghindari kontak fisik dengan sesama jemaah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita sarankan sementara waktu tidak bersalaman atau bercipika cipiki karena itu media penularan penyakit," kata Fachrul.

[Gambas:Video CNBC]


(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading