Kabar Baik! Pasien 06 & 014 Diperbolehkan Pulang Hari ini

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 March 2020 14:10
Demikian dikatakan Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, kepada wartawan di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengonfirmasi dua orang pasien yang positif terjangkit SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan Covid-19) sudah boleh pulang hari ini.

Kedua pasien, yaitu pasien 06 & 014, sudah sembuh dari penyakit tersebut. Demikian disampaikan Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, kepada wartawan di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

"Hari ini sudah bisa kita siapkan untuk dipulangkan karena kan kita akan nanya rumah di mana. Berarti disiapkan transportasinya. Sudah sembuh," katanya.


Dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020), Yuri mengemukakan kondisi pasien 06 dan 014 semakin membaik.

Sekadar gambaran, pasien 06 merupakan anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang dirawat di RSUP Persahabatan. Pasien 06 juga masuk kategori imported cases.



Menurut Yuri, pihak RSUP Persahabatan sudah memberikan edukasi kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri (self isolated).

"Ia menahan diri untuk tidak kontak dengan siapapun. Boleh kontak dengan siapapun, tapi ditahan. Boleh, tapi pada posisi 2 meteran," ujarnya.

"Dia harus lakukan self monitoring, harus perhatikan ada keluhan panas, batuk. Dia juga harus melaporkan ke petugas kesehatan. Kita akan kasih kontak petugas kesehatan," kata Yuri.

Selain pasien 06, Ia menyebut pasien 014 juga berpotensi segera dipulangkan. Menurut Yuri, pasien itu sudah sakit selama dua hari di rumah sebelumnya.

"Kalau berada di RS hari ketiga, tapi perjalanan penyakit ini adalah hari kelima/keenam. Kondisi dua-duanya bagus. Manakala pemeriksaan negatif akan kita pulangkan dan (dia) akan self isolated di tempat tinggalnya masing-masing," katanya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading