Antisipasi Efek Covid-19, MRT JKT Siapkan Pemeriksaan Suhu

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
03 March 2020 11:22
Antisipasi Efek Covid-19, MRT JKT Siapkan Pemeriksaan Suhu
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia resmi terpaparĀ virus corona (Covid-19) setelah pemerintah mengumumkan dua orang positif terkena virus itu. Pergerakan warga melalui transportasi umum kini jadi perhatian.

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga telah melakukan dan mengeluarkan kebijakan terkait upaya pencegahan Covid-19 di Jakarta. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Telah dilakukan pertemuan antara Direktur Operasi dan Pemeliharaan dengan Kepala Dinas Kesehatan pada tanggal 12 Februari 2020 dan koordinasi rutin setelah pertemuan tersebut," ungkapnya melalui keterangan resmi dikutip CNBC Indonesia, Selasa (3/3/2020).


Pihaknya juga menempatkan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di titik-titik ramai penumpang pada 13 stasiun MRT Jakarta. Selain itu, dilakukan peningkatan pembersihan secara intensif dan berkala pada stasiun dan kereta MRT Jakarta dengan metode khusus yang dipertimbangkan dapat mencegah potensi penyebaran virus.

Staf Stasiun MRT Jakarta juga akan menerapkan pemeriksaan suhu badan penumpang. Langkah itu sedang dibahas dan akan mulai dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Pemeriksaan akan dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun. Bagi penumpang yang menunjukkan gejala demam tinggi tidak diperbolehkan masuk ke area stasiun MRT Jakarta," tegasnya.



PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menegaskan, sebagai moda transportasi publik, PT KCI juga ikut peduli terhadap pencegahan bahaya virus Corona. Dalam hal penyiapan sarana KRL, sebelum dan sesudah beroperasi dilakukan pencucian kereta dengan standar kebersihan yang sudah ditetapkan dan menggunakan chemical tertentu yang mengandung bahan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

"PT KCI juga menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC) yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam perjalanan KRL," ujar VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (3/3/2020).

Tak hanya itu, bagi para pengguna jasa KRL yang mempunyai keluhan kesehatan dapat juga mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 30 stasiun. Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan.

"Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat," bebernya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading