Internasional

RI Terlanjur Sewa Pesawat, KTT ASEAN di AS Malah Ditunda

News - Redaksi, CNBC Indonesia
29 February 2020 11:04
AS menunda KTT ASEAN yang seharusnya dilaksanakan Maret
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) menunda KTT regional ASEAN, yang dijadwalkan berlangsung di Las Vegas, Maret. Hal ini disampaikan seorang pejabat senior sebagaimana dikutip dari AFP.

"Ketika komunitas internasional bekerja sama untuk mengalahkan virus corona, AS, dalam konsultasi dengan mitra ASEAN, telah membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya, Sabtu (29/2/2020).




Ia menambahkan meski menunda KTT, AS tetap menghargai hubungan dengan negara di ASEAN dan berharap untuk pertemuan lain di masa depan.

Sebelumnya, pemimpin ASEAN bakal bertemu 14 Maret 2020 di negeri Presiden Donald Trump itu. Penundaan dikeluarkan setelah AS menemukan ada kasus infeksi corona yang tidak diketahui pasti dari mana berasal.

Setidaknya ada dua kasus corona di AS, yang si penderita tak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri sebelumnya. Dari total 84.124 kasus secara global, AS mencatat 62 orang terinfeksi corona di negeri itu.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden memastikan akan menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk keperluan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke AS guna menghadiri KTT ASEAN. Adapun rencana pesawat yang akan digunakan oleh Presiden dan rombongan adalah menggunakan tipe Boeing 777-300ER.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono melalui keterangan resmi mengatakan bahwa pemilihan pesawat maskapai nasional ini bertujuan untuk penghematan anggaran dan efisiensi waktu perjalanan kepala negara.
 Jika menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) yang digunakan Presiden saat ini yaitu tipe Boeing 737-800, jarak tersebut harus ditempuh dengan beberapa kali transit, sehingga perjalanan bisa mencapai dua hari.

[Gambas:Video CNBC]







(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading