Virus Corona

Bukan Natuna, WNI ABK World Dream Dievakuasi di Pulau Seribu

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 February 2020 12:30
Warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan kru kapal pesiar World Dream kini tengah berada di Hong Kong
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan kru kapal pesiar World Dream yang kini tengah berada di Hong Kong.

Pemulangan tersebut dilakukan, pasca diberhentikannya pengoperasian kapal tersebut akibat wabah virus corona atau Covid-19. Langkah ini dilakukan atas perintah Presiden Jokowi, Senin (24/2/2020).

"Sementara yang kita putuskan untuk mengevakuasi anak buah kapal dari World Dream," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai bertemu Presiden di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.


Muhadjir mengaku telah menerjunkan Kapal Perang RI (KRI) Suharso milik TNI untuk melakukan evakuasi. Nantinya, para kru kapal akan ditempatkan di Pulau Sebaru, salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

"Lokasi sudah diterapkan dan disiapkan, yaitu di Kepulauan. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di Sebaru 1," jelasnya.

Pemerintah pun memiliki alasan tersendiri menempatkan para kru kapal World Dream di lokasi tersebut. Menurutnya, pulau Sebaru tidak berpenghuni, dan cocok untuk menjadi tempat evakuasi para WNI.

"Pokoknya ada tempat yang kita anggap aman. Karena ada pulau yang tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai aja," jelasnya.




[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading