Eks Menkeu Jadi Chairman Samsung

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
22 February 2020 09:26
Eks Menkeu Jadi Chairman Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung Electronics Co Ltd menunjuk Mantan Menteri Keuangan Korea Selatan Bahk Jae-wan sebagai Chairman, Jumat (21/2/2020). Pria berusia 65 tahun itu akan menggantikan Lee Sang-hoon yang dipenjara pada bulan Desember lalu karena mengganggu kegiatan serikat.

Ini merupakan kali pertama Samsung menunjuk direktur non-eksekutif sebagai Chairman alias Ketua Dewan. Perusahaan mengatakan, keputusan itu diambil demi meningkatkan transparansi dan independensi Samsung.

Penunjukkan juga dilakukan saat pewaris Samsung Jay Y. Lee dan mantan eksekutifnya diadili karena dituduh terlibat dalam skandal penyuapan yang ada hubungannya dengan Presiden Park Geun-hye.

"Bahk dipilih karena telah menjabat sebagai direktur luar perusahaan sejak Maret 2016 dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang perusahaan dan dewan," kata Samsung, sebagaimana dilaporkan Reuters, Sabtu (22/2/2020).

"Bahk memiliki banyak pengalaman sebagai administrator ... dan diharapkan untuk memimpin keputusan strategis dewan."

Sebagai ketua dewan, Bahk tidak akan terlibat dalam operasi bisnis sehari-hari tetapi ia akan memimpin rapat untuk meninjau dan menyetujui keputusan bisnis utama termasuk rencana investasi.

Perusahaan dijadwalkan untuk mengadakan rapat umum tahunan pada 18 Maret. Pada saat itu, para pemegang saham akan memilih apakah perlu melakukan pengangkatan dua calon anggota dewan.






[Gambas:Video CNBC]






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading