Jokowi Cek Proyek Tol Sigli-Banda Aceh, Begini Penampakannya

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 February 2020 19:47
Jokowi Cek Proyek Tol Sigli-Banda Aceh, Begini Penampakannya
Aceh Besar, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, tepatnya di ruas Indrapuri-Blang Bintang, Jumat (21/2/2020) sore.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 18:20 WIB. Jokowi yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju langsung mengecek secara seksama progres pembangunan jalan tol tersebut.

Ruas jalan tol itu sendiri sudah memiliki satu jalur yang dibuat dengan rigit beton dari total empat jalur yang disediakan. Namun, sebagian besar jalan masih rata dengan pasir, meskipun proyek ini telah dimulai sejak Desember 2018 silam.


Berbicara usai melakukan peninjauan, Jokowi mengaku cukup puas dengan progres pembangunan ruas jalan tol tersebut, meskipun memakan waktu satu tahun lebih. Sebab, pembebasan lahan bukan perkara mudah.

"Alhamdulillah tol dari Banda Aceh menuju ke Sigli ini 74 km, pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik, ya Alhamdulillah," kata Jokowi di lokasi.

"Sehingga tadi justru dirut dari HK (Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo) menyampaikan pembebasan rampung, konstruksinya justru yang biasanya konstruksi kepentok di pembebasan. Di sini pembebasan selesainya cepet," jelasnya.

Foto: Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut pun mengapresiasi peran sejumlah pemangku kepentingan terkait dalam proses pembebasan lahan, baik itu kepala daerah hingga masyarakat secara luas.

"Karena semualah. Gubernur, bupatinya, menjelaskan ke masyarakat dari pelaksana HK juga memberikan penjelasan yang baik. BPN (Badan Pertanahan Nasional) juga. Semuanyalah. Ini baru 14 bulan lho mulai ground breaking ke sini," jelasnya.

Ruas tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km dikerjakan dalam enam seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,2 km, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 km.

Total investasi proyek yang dikerjakan HK itu memakan investasi sebesar Rp 12 triliun.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading