Danareksa Sekuritas Segera Hadirkan Sistem Transaksi Syariah

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
21 February 2020 12:27
Danareksa Sekuritas Segera Hadirkan Sistem Transaksi Syariah
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Danareksa Sekuritas, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) (BBRI), bersiap menghadirkan sistem transaksi saham berbasis syariah untuk nasabah. Produk Danareksa Online Sharia Online Trading System (D'ONE SOTS) ini memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening saham syariah dan melakukan transaksi sesuai prinsip syariah.

Manajemen Danareksa Sekuritas mengatakan ide di balik produk ini adalah mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga membuat komoditas investasi berbasis syariah memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Akan tetapi produk SOTS tidak memiliki batasan hanya boleh yang beragama Islam saja melainkan oleh seluruh masyarakat non muslim pun boleh membuka rekening syariah tersebut. Saat ini tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) baru sekitar 15 Anggota Bursa yang memiliki produk SOTS.


"Sistem D'ONE SOTS pada praktiknya memberlakukan sistem transaksi saham secara online sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal, yaitu hanya saham syariah yang dapat ditransaksikan, hanya dilakukan secara tunai (cash-basis transaction) sehingga tidak ada transaksi margin (margin trading)," tulis Manajemen Danareksa dalam siaran resminya, Jumat (21/02/2020).



Selain itu nasabah tidak dapat melakukan transaksi jual saham syariah yang belum dimiliki (short selling), dan laporan kepemilikan saham syariah dipisah dengan kepemilikan uang sehingga saham syariah yang dimiliki tidak dihitung sebagai modal (uang/collateral).

Produk D'ONE SOTS ini juga telah ditinjau oleh tim DSN-MUI dan dalam proses untuk pemberian sertifikasi dalam memastikan penerapan prinsip syariah dalam mekanisme perdagangan efek bersifat ekuitas di pasar reguler Bursa Efek Indonesia (Fatwa DSN-MUI No.80 tahun 2011).

Produk ini merupakan bentuk komitmen PT Danareksa Sekuritas untuk nantinya dapat berpartisipasi secara penuh dalam program Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 (MEKSI), dengan menyediakan layanan Sharia Online Trading System (SOTS).


Selain itu adanya D'ONE SOTS diharapkan dapat menambah ragam pilihan investasi syariah dan dapat dipasarkan secara masif. Dengan begitu ada lebih banyak pilihan untuk berinvestasi syariah. Serta dapat lebih meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi, khususnya investasi syariah.


[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading