WNI Korban Virus Corona di Singapura Dinyatakan Sembuh

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
19 February 2020 13:25
KBRI Singapura menyatakan, WNI yang dinyatakan positif terjangkit virus corona di Singapura beberapa waktu lalu, telah sembuh dan keluar dari rumah sakit.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura menyatakan, warga negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif terjangkit virus corona di Singapura beberapa waktu lalu, telah sembuh dan keluar dari rumah sakit.

"Pada tanggal 18 Februari 2020, Kementerian Kesehatan Singapura menyampaikan bahwa WNI yang dinyatakan sebagai kasus ke-21 positif COVID-19 di Singapura dari cluster Yong Thai Hang medical shop pada tanggal 4 Februari 2020, telah dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19 serta telah dipulangkan dari rumah sakit," tulis KBRI dalam press release yang dimuat di websitenya, Rabu (19/2/2020).

Lebih lanjut, KBRI Singapura mengatakan kondisi WNI tersebut telah dipastikan dalam keadaan baik. Namun, KBRI enggan membeberkan identitas WNI tersebut sehubungan adanya Personal Data Protection Act Singapura, jelasnya.


"KBRI Singapura akan terus memantau perkembangan kondisi yang bersangkutan. Dengan demikian, sampai saat ini sudah tidak ada WNI yang dilaporkan positif COVID-19 di Singapura," katanya. Dalam rilis lainnya, KBRI singapura mengatakan terdapat 81 kasus virus corona di negara itu per hari ini.



Sebelumnya, outlet media Singapura menyebut WNI yang menjadi korban virus asal Wuhan itu adalah seorang asisten rumah tangga. Ia tertular virus mematikan itu dari majikannya yang telah lebih dulu dites positif corona.

Dengan kabar korban sembuh ini, berarti total warga Indonesia yang terinfeksi virus corona berkurang menjadi tiga orang. Ketiga orang lainnya itu terinfeksi virus di atas Kapal Pesiar Diamond Princess yang sudah dikarantina sejak awal Februari lalu di perairan Jepang. Mereka adalah 3 dari total 78 WNI yang menjadi kru kapal tersebut.

Hingga kemarin, menurut pernyataan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dua dari tiga WNI telah dibawa ke Rumah Sakit di kota Chiba, Jepang. Sementara satu di antaranya masih dalam proses menuju RS.

[Gambas:Video CNBC]


"Berdasarkan komunikasi-komunikasi kita terakhir termasuk pembicaraan dgn Dubes Jepang, maka diperoleh info bahwa 3 dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed. Tiga WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dinyatakan confirmed.

"Dapat saya sampaikan bahwa total orang yang ada di dalam kapal tersebut jumlahnya adalah 3.711 yang terdiri dari penumpang 2.666 sementara kru 1.045 dari 56 negara." jelasnya kepada wartawan di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa.

Sementara itu, di dalam negeri, belum ada satu pun kasus coronavirus dilaporkan hingga hari ini.
Artikel Selanjutnya

11 WNI Positif Corona di Singapura: 1 Sembuh, 7 Stabil, 3 ICU


(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading