Prabowo Jadi Menteri Terbaik Karena 'Patuh' Pada Jokowi?

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 February 2020 12:06
Prabowo Jadi Menteri Terbaik Karena 'Patuh' Pada Jokowi?
Jakarta, CNBC Indonesia - Survei Indo Barometer menempatkan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik di antara menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu mengungguli sejumlah nama-nama lain macam Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku bersyukur atas penilaian itu. Kendati begitu, Dasco menilai predikat itu juga tidak terlepas dari sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Perlu diketahui yang dilakukan Prabowo adalah menjalankan visi dari pemerintahan yaitu dari Presiden Jokowi mengenai pertahanan keamanan," kata Dasco seperti dilansir detik.com, Selasa (18/2/2020).




Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengaku sepakat dengan hasil survei Indo Barometer yang menilai Prabowo memiliki kinerja terbaik.

"Prabowo memang bagus," ujarnya di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

PDIP, yang merupakan partai pengusung Jokowi-Ma'ruf, juga bersyukur Prabowo memperoleh predikat menteri terbaik.

"Ini berarti Pak Jokowi orang yang selalu, yang tepat, the right man and the right place. Dia menempatkan orang-orang itu benar. Orang kan ada sinisme kenapa Pak Prabowo ngurusin pertahanan jadi menteri pertahanan, kan terjawab pelan-pelan," kata politikus PDIP Trimedya Panjaitan.




Namun demikian, ada nada ketidaksetujuan yang disampaikan partai pengusung Jokowi lainnya, yaitu Partai Nasdem.

"Terus terang saya tidak melihat hasil kinerja para menteri tersebut dalam fakta implementasi kecuali fakta kinerja baik Erick Tohir (Menteri BUMN) dan Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian)," ujar politikus Nasdem Irma Suryani lewat pesan singkat, Senin (17/2/2020).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai Prabowo bisa berhasil apabila permasalahan di Natuna terselesaikan.

"Karena itu urusan kedaulatan menjaga ZEE (zona ekonomi eksklusif) kita," katanya kepada wartawan, Minggu (16/2/2020).

Sebelumnya, survei Indo Barometer menunjukkan Prabowo sebagai menteri terbaik dari sisi kinerja dengan persentase suara responden 26,8%. Kemudian disusul Sri Mulyani Indrawati 13,9 persen, Erick Thohir 12,6 persen, Mahfud Md 7,3 persen, Nadiem Anwar Makarim 5,2 persen, Basuki Hadi Muljono 1,8 persen, Syahrul Yasin Limpo 1,4 persen, Muhammad Tito Karnavian 1,4 persen, Muhadjir Effendy 0,9 persen, dan Luhut Pandjaitan 0,9 persen.

"Nampaknya pilihan Prabowo bergabung dengan Pemerintahan Jokowi adalah pilihan tepat. Sebab dengan ini Prabowo memiliki panggung untuk bertahan sampai 2024," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, di Jakarta, Minggu, (16/02/2020).
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading