Mantap! Pekanbaru-Dumai Tersambung Tol Saat Lebaran

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
17 February 2020 14:24
Mantap! Pekanbaru-Dumai Tersambung Tol Saat Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan Tol Trans Sumatera akan bertambah dalam waktu dekat. Ruas Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 140 km salah satu tol yang akan segera beroperasi.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo menjelaskan progres Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang kini sedang dikerjakan. Ia menjelaskan, ada beberapa sesi yang sudah selesai dikerjakan. Namun, masih banyak lagi yang harus dikerjakan dalam menyelesaikan tol proyek sepanjang 2.765 Km tersebut, sebagian sudah operasi seperti Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Bakauheni-Palembang udah beroperasi, kemudian Medan-Binjai ada yang sedikit belum selesai, lalu Pekanbaru-Dumai sepanjang 134 Km semoga bisa beroperasi penuh Lebaran ini. Palembang-Indralaya juga," kata Bintang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Senin (17/2/2020).


Proyek pembangunan JTTS membutuhkan Rp 476 triliun untuk menyelesaikannya. Namun, baru sebagian kecil yang terpenuhi. Dari kebutuhan ekuitas sebanyak Rp 343 triliun, hanya Rp 55 triliun yang baru terpenuhi. Pun dari segi pinjaman, dari total kebutuhan Rp 133 triliun, baru Rp 25 triliun yang terpenuhi.




Sehingga, sisa kebutuhan dari ekuitas dan pinjaman mencapai Rp 396 triliun, hasil dari sisa kebutuhan ekuitas sebanyak Rp 288 triliun dan sisa kebutuhan pinjaman mencapai Rp 108 triliun.

PT Hutama Karya sudah mendapat angin segar tahun lalu dengan mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 10,5 triliun. Sedangkan pada 2020 jauh lebih kecil, yakni Rp 3,5 triliun.

"Akan digunakan Pekanbaru-Dumai Rp 2 triliun, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebesar Rp 1,5 triliun," kata Bintang.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading