Terungkap! Ini Topik Utama Perbincangan Jokowi & Xi Jinping

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 February 2020 10:14
Terungkap! Ini Topik Utama Perbincangan Jokowi & Xi Jinping Foto: Infografis/Xi Jinping Telpon Jokowi/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menceritakan isi perbincangan via telepon antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping yang dilakukan pada Selasa (11/2/2020) pukul 19.30 WIB.

Salah satu topik pembicaraan adalah seberapa besar pengaruh penyebaranĀ virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian Negeri Tirai Bambu.

"Pertumbuhan ekonomi China itu terganggu antara 1,2% hingga 1,8%. Itu kira-kira," ujar Moeldoko ketika ditemui di Kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/2/2020).


Menurut dia, pengaruh penurunan pertumbuhan ekonomi China terhadap Indonesia tergolong besar. Sebab, kinerja perekonomian Negeri Tirai Bambu juga berdampak kepada negara-negara lain seperti Jelang.

Terkait hal itu, Moeldoko menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan antisipasi. Mulai dari percepatan penyerapan anggaran kementerian/lembaga, percepatan penyaluran anggaran yang masuk ke dalam kategori bantuan sosial, hingga kemudahan impor komoditas pangan strategis.

Sementara untuk sektor pariwisata, Moeldoko menuturkan ada berkah dari penyebaran virus corona. Wisatawan negara-negara yang tadinya melancong ke China, sekarang bergeser ke Bali, Manado, dan seterusnya. Sementara untuk wisatawan domestik, pemerintah merilis kebijakan berupa pemberlakuan diskon tiket pesawat.

Berbicara selepas melantik Kepala Badan Keamanan Laut di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/2/2020), Jokowi membenarkan telah menghubungi Xi Jinping pada Selasa (11/2/2020) pukul 19.30 WIB.

"Yang pertama saya sampaikan duka cita. Simpati terhadap para korban virus corona yang ada di Tiongkok. Kemudian juga saya sampaikan bahwa Indonesia akan selalu bersama dengan RRT dalam masa sulit seperti ini," kata Jokowi.

"Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa menyelesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatnya. Itu kira-kira yang saya sampaikan ke Presiden Xi Jinping. Dan saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya sampaikan Indonesia siap untuk memberikan bantuan," lanjutnya.



Sementara itu, Presiden Xi Jinping mengatakan penghargaan atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan RI pada China. Demikian seperti dilaporkan media China Xinhua.

Xi mencerminkan persahabatan Indonesia dengan dukungan pada China sebagai mitra strategis yang komprehensif. Xi pun mengatakan teman adalah mereka yang ada saat teman lain membutuhkan. Ini pun sudah dicontohkan Indonesia.

"Sejak epidemi meletus, negara-negara tetangga China, termasuk Indonesia, telah memberikan dukungan yang berharga bagi China dalam berbagai cara," katanya.

"[Ini] memberikan kesaksian bahwa mereka sebagai tetangga telah saling berbagi dalam kesusahan dan kesengsaraan, bertahan bersama-sama melalui kesulitan dan saling membantu satu sama lain di masa-masa sulit."

"China dan Indonesia, keduanya negara berkembang, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab (sebagai) negara-besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi lagi.

"China siap untuk terus melanjutkan persahabatan tradisional (dan) bertetangga dengan baik dengan Indonesia ... dan mengimplementasikan proyek-proyek utama pada pembangunan bersama Belt and Road, seperti Jakarta-Bandung High-Speed Railway, untuk membawa lebih banyak manfaat bagi kedua pihak."

Sebelumnya Xi juga sempat menelepon Raja Salman bin AbdulAziz dari Arab Saudi dan Presiden AS Donald Trump, guna membahas hal yang sama. Ia meyakinkan kedua negara bahwa China akan lakukan upaya keras untuk memerangi virus tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading