Ekonomi RI Tumbuh Di Bawah 5%, Keyakinan Konsumen Tergerus

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
06 February 2020 12:17
Konsumen masih optimistis. Namun keyakinan terhadap perekonomian saat ini dan yang akan datang tergerus seiring pertumbuhan RI di bawah 5%
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan Januari 2020 masih menunjukkan adanya optimisme terhadap perekonomian. Namun jika dibandingkan dengan IKK bulan sebelumnya, angka Januari lebih rendah.

Survei Konsumen Bank Indonesia bulan Januari 2020 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga. Hal tersebut tercermin dari IKK Januari 2020 yang berada di level 121,7. Angka di atas 100 menunjukkan konsumen masih optimis terhadap perekonomian.

"Konsumen memandang positif kondisi ekonomi saat ini terutama dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama. Di samping itu, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.


"Konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 12 bulan mendatang (Januari 2021) meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 12 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya. Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh permintaan yang diprakirakan lebih tinggi pada tahun depan" tulis BI dalam laporannya.

Namun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, IKK bulan Januari 2020 lebih rendah dibanding bulan Desember yang berada di 126,4. IKK Januari 2020 merupakan yang terendah sejak bulan November 2019.



Konsumen memang masih optimistis. Namun optimisme tersebut tergerus seiring dengan gagalnya pemerintah membawa perekonomian RI meroket ke 7%. Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin merilis angka pertumbuhan ekonomi RI. Hasilnya mengecewakan dan jauh dari target.



Pada kuartal IV-2019, pertumbuhan ekonomi tercatat 4,97% year-on-year (YoY). Di bawah konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia yaitu 5,04% sekaligus menjadi catatan terendah sejak kuartal IV-2016.

Pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2019 yang di bawah 5% membuat pertumbuhan ekonomi RI sepanjang tahun 2019 berada di angka 5,02%. Semakin jauh panggang dari api.


(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading