1 WNI Terkena Corona, RI Mau Tutup Penerbangan ke Singapura?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 February 2020 13:20
Demikian kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman saat berbincang dengan media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran pemerintah telah melakukan berbagai upaya mitigasi untuk mencegah masuknya wabah virus corona dari China.

Berbagai langkah yang tempuh Indonesia antara lain dengan melarang sementara penerbangan langsung Indonesia-China hingga menyetop sementara impor daging hewan.

Lantas, apakah Indonesia akan menerapkan larangan serupa kepada Singapura? Terlebih, satu orang warga negara Indonesia (WNI) di wilayah tersebut telah teridentifikasi terjangkit virus corona.


"Belum ada kepastian mengenai hal tersebut," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman saat berbincang dengan media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Fadjroel mengatakan, pemerintah Indonesia saat ini hanya memberlakukan larangan penerbangan ke China dari Indonesia. Keputusan tersebut merupakan hasil akhir rapat terbatas bersama Presiden.

"Sementara ini belum ada pembicaraan secara teknis terkait hal tersebut. Yang sudah diputuskan hanya dari dan ke mainland (dataran utama), karena di sana dianggap sebagai awal mula dari merebaknya virus corona," ujar Fadjroel.



Ia pun menegaskan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai upaya mitigasi dengan memperketat sejumlah pintu masuk bandara untuk mencegah virus tersebut memasuki Indonesia.

"Jadi sejak merebaknya semua titik masuk dikendalikan Kemenhub. Semua ini sesuai dengan Inpres 4/2019, jadi semua kementerian dan lembaga terkait yang ada di dalam inpres tersebut bekerja bersama-sama," kata Fadjroel.

Ministry of Health Singapore (MOH) atau Kementerian Kesehatan Singapura menegaskan ada satu warga negara Indonesia (WNI) yang positif terpapar virus corona dan merupakan kasus ke-21.

Berdasarkan rilis MOH dalam website resminya, Selasa (4/2/2020) menjelaskan bahwa WNI tersebut adalah wanita berusia 44 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke China, tempat di mana virus corona berasal.

"Saat ini, dia sedang berada di ruang isolasi di Singapore General Hospital (SGH)," ungkap rilis tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya

Melihat Pemeriksaan Warga China Ketika Tiba di Bandara Soetta


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading