Ini Alasan KA Cepat Jakarta-Semarang Dibangun Lebih Dulu

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
04 February 2020 18:25
Ini Alasan KA Cepat Jakarta-Semarang Dibangun Lebih Dulu
Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek kereta berkecepatan tinggi Jakarta-Semarang masuk dalam program prioritas pemerintah hingga 2024. Proyek ini bagian dari Peningkatan Kecepatan Kereta Api Lintas Utara Jawa atau kereta semi cepat Jakarta-Surabaya 700 Km.
Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi, menjelaskan bahwa pada tahap pertama, lintas yang dibangun memang meliputi lintas Jakarta-Semarang. Ini dilakukan bukan tanpa alasan.
"Jakarta Semarang ini kan kapasitas nya sudah sangat penuh ya. Kapasitas penumpang, kapasitas lintasnya juga sudah sangat padat," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Selasa (4/2/20).
Supandi menjelaskan, pada lintas Jakarta-Semarang, saat ini banyak dilalui kereta dengan berbagai rute. Artinya, jalur tersebut tidak hanya dilalui rute kereta dari Jakarta ke Semarang.

"Pergerakan kereta dari Jakarta ke Semarang kan lebih padatlah karena lewat Cirebon dan sebagainya. Memang itu sangat-sangat padat, jadi itu salah satu alasan fase pertama di situ pembangunannya," tandasnya.
Sementara itu, lintas Semarang-Surabaya saat ini tingkat kepadatannya masih lebih longgar dibandingkan Jakarta-Semarang. Sehingga lintas Semarang-Surabaya bisa dibangun lebih lanjut setelah Jakarta-Semarang, setelah 2024.
"Surabaya ke Semarang kan relatif lebih longgar. Makanya ini (Jakarta-Semarang) diprioritaskan dulu supaya nanti kapasitasnya bisa lebih banyak lagi," urainya.

Pemerintah menggandeng Jepang dalam studi kereta cepat Jakarta-Surabaya. Studi baru dimulai pada 2020.



[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading